Pemasaran Nata de Cassava

Dalam suatu produksi suatu barang atau jasa, keberadaan pasar menjadi hal yang penting dan utama untuk dikaji. Pemasaran adalah kegiatan yang dilakukan setelah produksi untuk menyampaikan hasil produksi ke tangan masyarakat. Kegiatan pemasaran terdiri dari banyak hal. Saya selaku penulis masih tergolong baru dalam hal pemasaran, namun akan saya ceritakan pengalaman saya selama menggeluti usaha nata de cassava.

Nata de cassava merupakan produk makanan berserat yang biasanya digunakan sebagai tambahan dalam produk minuman. Produk yang serupa yang telah dikenal di pasaran adalah nata de coco. Contoh Okky jelly drink, wong coco, inaco, dll. Kandungan serat dalam produk nata berfungsi melancarkan pencernaan, oleh karena itu produk minuman nata baik dikonsumsi untuk berbagai kalangan umur.

Tahapan pemasaran nata de cassava adalah berawal dari produksi nata de cassava oleh para petani. Produksi nata de cassava masih dilakukan skala tradisional yaitu produksi lembaran nata menggunakan nampan, hampir sama dengan petani nata de coco. Usaha ini tergolong high risk karena nata de cassava merupakan produk fermentasi yang membutuhkan peralatan dan ruang produksi yang steril. Banyak faktor produksi yang harus dikendalikan agar dihasilkan lembaran nata de cassava dengan ketebalan yang diinginkan, tekstur halus, dan tidak tumbuh jamur.

Produk lembaran nata de cassava hasil panen petani dibedakan kualitasnya menjadi KW 1 dan KW 2. Produk yang memiliki ketebalan 1-1,5 cm, tekstur mulus, rata, tidak tumbuh pada bagian tengah lembaran nata dapat dikategorikan dalam KW 1 dan harga berkisar antara Rp 900,00 – Rp 1.000,00 tiap kilogram berat nata. harga ini fluktuatif tergantung pada musim. Pada musim kemarau terjadi peningkatan permintaan pasar. Tahap pemasaran selanjutnya adalah dari petani nata ke pengepul nata atau dapat langsung masuk ke pabrik pengolah nata/pabrik minuman kemasan yang tersebar di Indonesia. Pengepul nata adalah pihak yang memasok nata ke pabrik, biasanya petani yang kapasitas produksinya masih kecil akan ditampung/dijual ke pengepul daerah masing-masing dengan harga sesuai dengan nego. Untuk kapasitas produksi yang besar biasanya akan dipasarkan ke pabrik langsung dengan harga yang lebih tinggi karena harus menanggung biaya transport.

16 komentar:

ArdianZzZ
10 Mei 2010 pukul 20.35

Produk lembaran nata de cassava hasil panen petani dibedakan kualitasnya menjadi KW 1 dan KW 2. Produk yang memiliki ketebalan 1-1,5 cm, tekstur mulus, rata, tidak tumbuh pada bagian tengah lembaran nata dapat dikategorikan dalam KW 1 dan harga berkisar antara Rp 900,00 – Rp 1.000,00 tiap kilogram berat nata.

Anonim
29 November 2011 pukul 18.00

Limbah Cair Tapioka di daerah saya cukup banyak, mengingat nata de cassava merupakan produk baru kami masih meragukan pemasaran, mungkin jika bisa membantu untuk menerima hasil produksi dari daerah saya, kami siap memproduksinya , trimakasih

Anonim
29 November 2011 pukul 18.03

Lokasi di Kab. Trenggalek email. widimogot@yahoo.com

Anonim
3 Desember 2015 pukul 07.27

Saya sales minuman ringan kemasan, sekarang sedang trend minuman Nata de coco.
Apakah Nata cassava bisa buat bahan baku?

Anonim
3 Desember 2015 pukul 07.27
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
Unknown
5 Februari 2016 pukul 22.14

Pak jonih, saya sekarang sedang memproduksi nata de cassava. Bapak mau nerima produk saya?.
Terima kasih

gilang
18 September 2017 pukul 02.19

Kalau boleh tau, daerah mana pak ?
Saya sedang mencari supplier untuk lembaran nata de cassava

gilang
18 September 2017 pukul 02.20

Saya sedang mencari supplier lembaran nata de cassava, saya di daerah tangerang.
Bisa hubungi saya di email brenz_crew@yahoo.com

Andarany
9 September 2019 pukul 23.05

Saya mau beli caranya gimana?

efrosinisabbatini
5 Maret 2022 pukul 05.09

Icy and titanium eyeglass frames - TITIAN ART
‎Tinting and styling benjamin moore titanium of the T-16S/S, the T-16S/S remmington titanium and titanium granite countertops the titanium frames titanium ring in the ford titanium

Anonim
2 Juli 2023 pukul 11.55

y467c8foaea039 replica bags i329e6dlgdv774

Posting Komentar

Prev Next Beranda